Tag

, , , , ,

image

Sayyidatuna Fathimah adalah jantung hati yang sangat dicintai oleh Nabi Saw dan Sayyidatuna Khadijah. Setiap melahirkan, Sayyidatuna Khadijah selalu mengirimkan anak-anaknya agar disusui, sebagaimana adat orang-orang Quraisy. Kecuali Fathimah, Sayyidatuna Khadijah sendiri yang menyusuinya karena cintanya yang mendalam, karena kemiripanya dengan Rasulillah Saw, juga karena Fathimah adalah anak terakhir (paling kecil) sehingga ia mendapatkan perhatian khusus.

Sayyidatuna Fathimah disebut dengan ‘Zahro’ karena warna kulitnya putih indah bercampur dengan kemerah-merahan. Sebagian mengatakan Sayyidatuna Fathimah disebut ‘Zahroh’ karena ia menerangi penduduk langit sebagaimana tampak penduduk bumi gemerlapnya bintang yang ada di langit.

Fathimah juga disebut ‘al-batuul atau suci’, karena ia tidak putus dan bersemangat dalam beribadah. Sebagian mengatakan ia disebut ‘al-Batuul’ karena tidak ada wanita di zamannya yang menandingi kemuliaan, keagungan dan derajat Sayyidatuna Fathimah.

Nama-nama Sayyidatuna Fathimah masih banyak lagi, yaitu: Siddiqah, Mubarakah, at-Thahirah az-Zakiyyah, ar-Radiyah, al-Mardiyyah. Juga dipanggil ‘Ummi Abiha’, mengapa..?

(bersambung)

Sumber:
http://anaknyaabi.wordpress.com
• fb: Habib Abdul Qodir Ba’abud