Tag

, , , , ,

image

Cukup bagi kita untuk mengenal Sayyidatuna Fathimah kalau kita tanya diri kita: Puteri siapakah beliau? Istri siapakah beliau? Ibu siapakah beliau? Rodiyallahu ‘anha.

Banyak riwayat yang menyebutkan keagungan-keagungan beliau. Di antaranya, diriwayatkan oleh Miswar bin Makromah, Rasullah Saw. bersabda: “Fathimah adalah belahan jiwaku siapa yang membuatnya marah maka telah membuatku marah.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya puteriku Fathimah adalah bidadari yang suci tidak pernah haid.”
Di beri nama Fathimah (dalam Bahasa Arab fathuma-yafthumu : memisah atau melepas) karena Allah Swt. melepas atau menyelamatkan pecintanya dari api neraka.

Diriwayatkan Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya keridhoan atau kemurkaan Allah Swt. ada pada Fathimah.”

Riwayat Sa’id al-Khudri, Rosulullah Saw. bersabda: “al-Hasan dan al-Husain adalah pemimpin para pemuda surga dan Fathimah pemimpin para wanita di surga.”

Diriwayatkan juga, Rosulullah Saw. bersabda: “Telah datang padaku malaikat dari langit yang tidak pernah datang padaku meminta ijin untuk ziaroh kepadaku dan memberi kabar gembira bahwa puteriku Fathimah adalah pemimpin para wanita umatku.”

(bersambung)

Sumber:
* http://anaknyaabi.wordpress.com
* fb: Habib Abdul Qodir Ba’abud