Tag

, ,

“Sesungguhnya termasuk sesuatu yang seharusnya (kita) mengetahui dan mengajarkannya serta mencurahkan perhatian padanya adalah pembahasan tentang ilmu-ilmu kenabian dan sifat-sifat mulia Nabi Muhammad Saw”.

“Sekalipun banyak para penulis telah memenuhi kitab-kitab mereka yang berjilid-jilid dengan mengungkap keutamaan Nabi Muhammad SAW tentunya mereka masih terlalu lemah dan tidak mampu untuk mengumpulkan semua (kemuliaan) yang ada pada diri beliau dari sifat-sifat mulia dan perkara-perkara yang baik lagi suci”.

“Sesungguhnya kemuliaan beliau Saw bukanlah terambil karena kefanatikan atau kedudukan atau kekayaan dan tidak pula karena besarnya kaum saat itu dimana beliau berada, (kemuliaan beliau Saw) tidak juga hanya karena tingginya nasab keluarga, akan tetapi kemuliaan beliau adalah karena keagungan pribadi beliau, sempurnanya akhlak (budi pekerti) beliau dan luasnya pandangan beliau Saw. Sungguh beliaulah tauladan yang paling tinggi sebagai Insan Kamil (manusia yang paripurna)”.

“Telah ditetapkan (dalam banyak riwayat) bahwa Nabi Muhammad Saw telah diberikan oleh Allah ketampanan yang sempurna. Namun ketampanan ini dihiasi oleh dua hal yang agung, yaitu kewibawaan yang besar dan cahaya yang memancar, sehingga tidak pernah ada seorang pun yang terfitnah ketika memandang wajah beliau Saw”.
(bersambung..)